Minggu, 28 Desember 2008

Biaya Agen Harus Dikurangi

Penghapusan pajak (levy) untuk Domestic Helpers di hk akhirnya resmi brlaku 1 Agustus 2008. Hal ini resmi di umumkan oleh pihak Pmerintah hongkong melalai siaran televisi.
Sumiati,Officer Organisasi Kotkiho
Sehubungn dgn hal itu Sumiati Officer koalisi Tenaga krj Indonesia di hk. Dia mngemukakn kputusn pncabutn levy yg di wjibkan pd majikan ntuk pmbantu slama 2 th adalh kputusan yg bodoh. Pasalnya hal itu justru smakin mberatkan nasib buruh migran, trmsuk tkw dr indonesia. Pasalnya hal trsebut tdk mnyentuh hal yg pling pnting dlm proses pengriman tenaga krj migran indo ke hk.
''Seharusnya yg di kurangi adlh biaya pemotongn agen & kbrangkatn bagi BMI yg msih sgt bsar. Potongn HKD 21,000 (skitar 22 jt rupiah) yg hrs di byar oleh pmbntu ntuk bs dtang di hk, dgn potongn HKD 3,000 slama 7 bln itu sngt mncekik BMI. aharusnya itu yg hrs di ptong, bkn mnyubsidi levy bgi msryarakat hk yg sdah kaya.''paparnya kpada intermezo pd sbuah ksmpatan.Mnurut dia, bila levy di tunda smpai th 2010 hal itu justru mberi ksmpatn bom wkt bagi tngkat terminate yg lbih besar bgi bruh migran asing di hk,trmasuk indo. Krn hal itu di kwatirkn akn membari ksmpatn kpd majikn ntuk meng-interminate. Pasalnya ,hal itu akn mmudahkn mjikan ntuk mncari pmbntu, nmun mdah pula memecatny dgn brbagai alasan krn pajaknya di hapus. Bahkan bkn tdk mngkin, sblum masa brlaku levy brakhir, mjikan akan meng-inteerminate pmbntu & mngmbil pmbantu lainnya agr mndapatkn ksmpetan bebas levy ntuk 2 th brikutnya hingga 2012. Krn ketika levy di umumkn pmarintah hk, tidak ada pmbatasn jumlah kontrak & pmbntu yg akn di pekrjakan.
''Harusnya levy dihapus selamanya, Ketika itu diberlakukkn, nasib domestic helper trjamin, dia tdk takut dipecat/di-interminate krn nasibnya trjamin. Nmun, ini kan tdak, hrusny prlindungn ntuk jaminan domestic helper tetap ada,''tegasnya lalu mngemukakan tekadnya ntuk trs brusaha mndesak pmerintah hk agar levy dihapus selamanya. Untuk itu dia mngaku akan mengggalang krj sama dgn seluruh Organisasi buruh migran Indonesia maupun asing yg ada dihongkong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar